Android Internet Browser

Di saat browser bawaan ponsel tidak bisa berjalan sesuai dengan keinginan kita. Banyak hal yang bisa kita lakukan tanpa membuang ponsel Anda. Gunakan browser-browser pihak ketiga. Meski memiliki banyak persamaan, browser-browser ini memiliki ciri khas yang bisa dimanfaatkan untuk browsing internet via ponsel dengan lebih nyaman.

1. Opera Mini & Opera Mobile


Siapa yang tidak kenal dengan browser yang satu ini. Opera Mini memang masih menjadi pilihan utama pengguna perangkat bergerak (mobile devices) ketika berpikir untuk menambahkan alternatif aplikasi browser disamping browser bawaan. Pada peluncuran versi terbaru, Opera Mini 6 dan Opera Mobile 11, bulan Maret yang lalu saja, tercatat kedua aplikasi ini telah digunakan pada lebih dari 3000 jenis perangkat oleh 100 juta pengguna di seluruh dunia.

Alasan utama banyaknya pengguna memilih Opera Mini disebabkan oleh teknologi kompresi Opera yang mampu mengurangi jumlah data hingga 90% tanpa mengorbankan pengalaman berinternet pengguna tersebut. Hal ini selain berefek pada pada jumlah dana yang harus dikeluarkan juga membuat pengguna merasakan pengalaman berinternet yang lebih cepat.

Perbedaan antara Opera Mini dan Opera Mobile adalah Opera Mini menawarkan teknologi kompresi yang mumpuni sementara Opera Mobile sejatinya adalah Opera browser untuk perangkat bergerak sehingga browser ini menawarkan pengalaman berinternet layaknya menggunakan PC lengkap dengan fitur ciamik semisal dukungan HTML5.
Developer : Opera Software ASA

2. Dolphin Browser™ HD & Mini
Konsep browser yang satu ini adalah bagaimana mengubah cara Anda berselancar di dunia maya. Jika sebelumnya penggunalah yang harusmenyesuaikan diri dengan aplikasi, Dolphin berusaha memutar balik kondisi tersebut. Pengguna dapat dengan mudah menuju ke sebuah situs hanya dengan menggambar sebuah bentuk pada layar menggunakan ujung jari. Misalnya tulis huruf P pada layar untuk menuju ke situs www.tabloidpulsa.co.id.

Dolphin Browser juga memiliki fitur add-ons sehingga Anda dapat menambahkan add-ons ke browser ini sesuai kebutuhan. Sering lupa password? Tambahkan add-on “Password Manager” atau download add-on “Shiny Shake” untuk memberi tampilan baru pada Dolphin browser Anda. Saat ini tersedia lebih dari 50 jenis add-on dan jumlahnya akan terus bertambah. Sejauh ini tercatat lebih dari 8 juta download untuk Dolphin Browser yang tersedia dalam 16 bahasa berbeda.
Developer : MoboTap

3. Skyfire Web Browser
Skyfire tersedia untuk perangkat dengan sistem operasi Android dan iOS. Aplikasi ini berusaha menutup celah yang dimiliki oleh browser bawaan terutama Safari milik iOS yang terkenal tidak mendukung Flash player. Sejatinya aplikasi Skyfire web browser untuk iOS men-translate video berormat Flash ke dalam format yang lebih bersahabat dengan iOS menggunakan cloud computing platform yang dimilikinya.

Selain fitur flash player, Skyfire web browser juga dilengkapi fitur “User Agent Switching” yang memungkinkan Anda menentukan seperti apa halaman web yang dibuka, apakah untuk perangkat mobile (Android dan iOS) atau browser desktop. Pilihandesktop memberikanAnda fleksibilitas yang lebih dalammengakses situs dan memungkinkanpenemuankonten videoyang mungkin tidakterlihat padasitus mobile.

Fitur “Facebook quick view” memudahkan Anda mengakses ke news feed, profil, daftar teman, inbox, event dan places hanya dengan menggunakan satu sentuhan. Demikian pula dengan Twitter QuickView.
Developer : Skyfire

4. Firefox Mobile
Buat yang hobi internetan, pasti sudah kenal akrab dengan software yang satu ini. Tentu saja karena aplikasi ini memang sudah begitu populer pada versi desktop. Dan penantian pecinta teknologi ponsel akan hadirnya versi mobile untuk Firefox berakhir sudah setelah belum lama ini, Mozilla corporation meluncurkan aplikasi ini yang sebelumnya dikenal dengan codename Fennec.

Mozilla corp. sepertinya berusaha membawa sebanyak mungkin fitur versi desktop kedalam aplikasi ini. Anda dapat mendandani tampilan Firefox dengan tema yang disebut “Persona”, menampilkan halaman situs dalam bentuk fullscreen, mensinkronisasi data mobile Firefox dengan yang ada pada komputer , hingga menambahkan add-ons yang juga menjadi keunggulan Firefox versi desktop.

Browser ini juga dilengkapi fitur download manager yang memungkinkan penggunanya mengunduh files on menggunakan ponsel seperti halnya dengan desktop. Downloads akan berlangsung di latar belakangh sehingga kegiatan browsing tidak terganggu, bahkan jika pengguna mengunduh beberapa file dalam waktu bersamaan. Ditambah lagi, download manager memungkinkan Anda menghentikan, pause dan resume proses download kapan saja Anda mau.
Developer : Mozilla Corporation

5. UC Browser
UC Browser dapat berjalan pada lebih dari 3000 model ponsel dalam 200 merek dengan sempurna. Selain itu pada bulan Maret 2011, aplikasi ini diklaim telah melayani lebih dari 150 negara dan mendapat lebih dari 700 juta pengunduh dan setiap bulannya, 200 juta pengguna mengunjungi 60 miliar halaman web melalui UC Browser, yang menjadikannya peringkat No. 1 di dunia.

Tak kalah dengan browser lain yang masuk dalam daftar ini, UC Browser juga dilengkapi dengan beberapa fitur andalandiantaranya Pre Load yang membuatperbaikan lebih baik pada kecepatanbrowsing Anda, sehingga waktu yang dibutuhkan ketika membuka halaman situs yang pernah dikunjungi sebelumnya menjadi lebih singkat.

Fitur lain seperti Download manager, Multi-tabs, Bookmark, dan Save and Share juga disediakan aplikasi ini. Dan yang paling asyik, aplikasi ini juga tersedia dalam bahasa Indonesia.
Developer : UC Mobile Ltd. (UC)


6. Bolt Browser
Bolt adalah browser yang dapat diinstal over the air dan menawarkanpengalaman browsing di semua jenis ponsel,mulai dari smartphone hingga ponsel low-end. Bolt memungkinkan fungsi internet bergaya PC pada perangkat mobile. Kabarnya Bolt adalah satu-satunya browser dikelasnya yang dibangun pada platform berbasis WebKit. Web Kit adalah layout engine yang juga digunakan untuk membuat Safari (iphone), Chrome (Android) dan banyak browser smartphone lainnya.

Pengembang juga mengklaim bahwa Bolt adalah satu-satunya browser J2ME yang mampu memutar video streaming flash atauHTML5 dari situs seperti Youtube, Facebook, MTV. Browser ini juga telah terintegrasi dengan aplikasimedia sosialseperti Facebook dan Twitter. Sebuah Galeri Widgets juga tersedia untuk situs web populer lainnya.
Developer : Bitstream Inc.

7. uZard
uZard adalah mobile browser yang menawarkan hal yang sama hampir dengan semua browser yang masuk daftar ini, yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan pengalaman berselancar web yang sama seperti saat menggunakan PC.
uZard menunjukkan kinerja cepat tidak hanya pada jaringa n3G tetapi juga pada jaringan 2G dan 2.5G. Selama perangkat memiliki akses ke jaringan, pengguna bisa mendapatkan pengalaman berselancar web dan isi multimedia yang sama seperti yang mereka lakukan dengan PC.

Sayangnya jika dibandingkan browser lain, aplikasi ini tergolong minim fitur yang sanggup membuatnya layak dipilih.
Developer : Bitstream Inc.

8. xScope Browser - Web & File
Browser yang satu ini adalah yang pertama mendukung fitur multitouch pada Android market (11/23/2009). xScope mendukung fitur import google bookmark sehingga memudahkan pengguna mengakses situs-situs favorit yang pernah disimpan pada google account pengguna.

Aplikasi ini juga terintegrasi dengan aplikasi file explorer, yang memudahkan Anda melakukan manajemen file yang tersimpan apada ponsel maupun memori penyimpanan.
Developer : x-Labs (xScope Mobile)



9. Puffin Web Browser

Seperti Skyfire, browser ini mampu membuat pengguna iOS menikmati situs bermuatan konten Flash sayangnya tidak untuk game flash yang banyak ditemukan di Facebook misalnya.

Tidak ada yang istimewa dari tampilan antar muka Puffin browser, bahkan sekilas tampak mirip interface yang dimiliki Opera Mini. Puffin web browser tersedia untuk platform Android dan iOS , dan masing-masing dibanderol seharaga $0.99.
Developer : CloudMosa, Inc.

Tabel Komparasi





Sumber : Tabloid Pulsa & Beberapa sumber lain


Dikarenakan banyaknya browser yang tersedia untuk android device, maka dalam artikel ini kami hanya mereview web browser yang popular, jika anda ingin download web browser yang lain, anda dapat mengunduh di google play store dengan klik gambar di bawah ini.

2 komentar:

alfa mengatakan...

kalo menurut admin, bagusan yang mana nih..??

Maxi Inovasi mengatakan...

Relative gan jawabnya :)
Kl ane sich pake dolphin HD tp relatife juga sich, tergantung penggunaan :D

Poskan Komentar

Entri Populer