Sembunyikan File Pada Android

Jika anda ingin menyembunyikan file atau foto yang bersifat rahasia, atau jika android device anda sering kali dipinjam oleh teman atau saudara anda, namun terdapat file atau foto yang bersifat privasi dan tidak ingin diketahui oleh mereka, android juga mempunyai fitur untuk menyembunyikan file atau gambar. Bagaimanakah caranya? Mari kita bahas cara untuk menyembunyikan file atau foto rahasia anda.

Kata menyembunyikan bukan berarti menghapus. Bagi anda yang sering menggunakan OS Windows sebagai OS pada laptop atau komputer anda, untuk menyembunyikan file cukup mudah, begitu juga OS Android juga murah untuk menyembunyikan file.


Sebelum memulai caranya, ada hal yang perlu anda ketahui terlebih dahulu:
Jika file atau foto pada memory, anda sembunyikan dengan menggunakan bantuan OS Windows dan menggunakan cara seperti layaknya menyembunyikan file pada windows, maka file tersebut akan sembunyi jika anda membuka di windows dan tetap akan terlihat ketika anda membuka di android.
Begitu pula sebaliknya, jika anda menyembunyikan file dengan menggunakan cara di android, maka file tersebut akan sembunyi ketika anda lihat di android, namun akan tetap terlihat ketika anda lihat di windows.
Saran saya, jika anda tidak ingin terlihat di kedua OS maka sembunyikan terlebih dahulu dengan cara android, kemudian sembunyikan dengan cara di windows, maka file tersebut benar-benar akan tersembunyi.
Mari kita mulai cara menyembunyikan file pada android:


Dengan cara mengubah nama file
-Pertama anda masuk pada file manajer anda (anda dapat menggunakan file manajer default atau bisa menggunakan file manajer pihak ketiga seperti ES File Xplorer sebagai contohnya)
-Pilih file atau foto yang hendak anda sembunyikan kemudian klik dan tahan hingga menu popup keluar
-Pilih opsi "rename"
-Setelah itu ubahlah nama file tersebut dengan memberi awalan titik (.) contohnya: TMCLink.apk dirubah menjadi .TMCLink.apk
-Jika anda melakukan dengan benar maka file sudah tidak muncul.


Jika anda ingin memunculkan kembali file tersebut, maka langkahnya:
-Gunakan aplikasi file manager, sebagai contohnya ES File Xplorer kemudian buka file manager tersebut
-Klik tombol menu
-Pilih opsi "Setting"
-Pilih opsi "File Settings"
-Pilih opsi "Show Hidden Files" kemudian back, maka semua file yang tersembunyi dapat terlihat
-Setelah itu, rubahlah nama file yang ingin anda tampilkan tanpa menggunakan awalan titik (.) Contoh: .TMCLink.apk dirubah menjadi TMCLink.apk


Catatan: Anda juga dapat menggunakan terminal emulator untuk menyembunyikan atau menampilkan file, foto atau folder dengan logika kerja yang sama yaitu mengubah nama file, foto atau folder yang anda inginkan


Menggunakan aplikasi pihak ketiga:
Anda dapat mengunduh pada google play store, berbagai aplikasi yang digunakan untuk menyembunyikan file LINK

2 Responses to "Sembunyikan File Pada Android"

  1. Kalo buat munculin lagi file yg di sembunyiin pake file manager bawaan bisa min?
    Misal di galaxy w
    thx

    BalasHapus
  2. file manager bawaan kelihatannya ada yg ga support unt hidden file, jd unt tampilin kembali coba pake es file xplorer :D

    BalasHapus