Tips Optimalkan Android Anda

OS Android mulai banyak dikembangkan mulai dari software maupun hardware, namun selain kedua hal tersebut, perkembangkan harus diiringi dari brainware atau segi pengguna (anda sebagai android user). Sudahkah anda mengoptimalkan android device yang anda miliki?

Kata optimal sebenarnya mempunyai arti yang berbeda dalam setiap pribadi, sebagai contohnya: seorang businessman menggunakan android kana berbeda dengan seorang mahasiswa atau seorang seniman, dimana seorang businessman akan menginstall aplikasi business dan seorang seniman akan menginstall aplikasi yang berkaitan dengan seni. Berikut beberapa tips tentang optimalisasi android


1.Pilih dan Pakai aplikasi yang diperlukan Saja
Pilihlah aplikasi yang anda perlukan saja, banyak diantara kita yang sering asal mengunduh aplikasi tanpa mengetahui tujuan dari memasang aplikasi tersebut, hal ini akan menyebabkan ruang storage anda sesak dan kinerja android akan melambat dikarenakan banyaknya aktifitas yang tidak dibutuhkan dari aplikasi yang anda install.
Buanglah aplikasi yang tidak anda butuhkan, akan lebih optimal dalam mengoperasikan android.


2.Kenali kelebihan dan kekurangan android anda
Kenali lebih dalam lagi kelebihan yang ditawarkan oleh android device anda, sebagai contoh; fitur yang ditawarkan android anda, dengan mengenalinya maka anda akan dapat mengoptimalkan dengan mudah dibanding anda tidak mengetahui kelebihan dan kekurangan android anda. Terkadang hal sepele tersebut dapat menjadi sesuatu yang fatal. Sebagai contohnya jika anda tidak mengenali kekurangan android anda maka ketika anda memaksakan untuk memaksimalkan kinerja baik software atau hardware, maka android anda akan menjadi rusak.

3.Lindungi device anda
Sudahkah anda melindungi android device anda? Melindungi dalam segala hal baik dari segi perangkat keras maupun perangkat lunak


A. Hardware
Hardware android anda haruslah anda lindungi karena hal ini berpengaruh penting terhadap kinerja android anda, sebagai contohnya: Jika anda tidak menggunakan screen guard, maka layar android anda akan tergores, hal tersebut menyebabkan anda kesulitan dalam melihat dan mengoperasikan android anda. Sebagai contoh lain: jika anda tidak melindungi dengan softcase, ketika android anda kotor atau jatuh, maka android anda akan langsung terbentur, softcase dapat mengurangi redaman terhadap benturan
**saya menyarankan softcase karena hardcase sekalipun akan terlihat keren namun lebih optimal softcase dalam melindungi android anda, terlebih apabila anda sering melepas hardcase dengan alasan akan menganti kartu SIM/UIM. Hal ini akan menyebabkan adanya goresan pada cashing, selain itu ketika android anda tidak sengaja terbentur, maka softcase lebih optimal dalam memberi redaman dibanding hardcase**

B. Software
Amankanlah HH anda dari tangan jahil,Fitur ini bisa ditemukan di Pengaturan, submenu Lokasi & Pengaman, lalu pilih Tetapkan Kunci Layar. Di sini Anda bisa tentukan sendiri jenis pengamanan yang bisa Anda gunakan. Jika terasa kurang, Anda bisa mengunduh aplikasi pengamanan tambahan dari Android Market.Jika perlu amankan juga aplikasi penting anda seperti Galery (Foto),SMS atau yang lainnya,bisa download app keamanannya dimarket,atau bisa juga dicoba app Smart App Protector,Cek di market.

4.Sinkronkan Fitur-Fitur yang berguna
Google benar-benar memanjakan pengguna OS android,fitur-fitur Google sudah disingkronkan lansung dengan OS android, tentunya ini jadi keuntungan tersendiri bagi kita.jika perlu sinkronkanlah,seperti Gmail dengan kontak,Google calender,dll.Dan jika perlu simpanlah Nomor telepon kerabat-kerabat anda di pilihan Gmail (Ada pilihannya dikontak).

Selain itu juga manfaatkan adanya fitur komputasi awan. Ada baiknya juga kita menyimpan data penting kita untuk disimpan di Media penyimpanan Internet.Salah satunya kita bisa memanfaatkan Aplikasi Dropbox,menurut saya sudah sangat baik fiturnya.kita bisa menyelamatkan data kita serta membagi data dengan perangkat lain yang terhubung internet juga.lihat gambar dibawah ini, sistem komputasi awan akan mempermudah kinerja anda dan akan menyelamatkan data anda, beberapa fitur android dengan sistem komputasi awan dapat anda baca di sini.
Rutin melakukan Backup akan sangat berguna bagi kita jika suatu saat nanti HH kita rusak atau reset pengaturan awal, ada banyak aplikasi backup yang bisa kita manfaatkan,salah satunya Titanium Backup atau anda dapat memanfaatkan sistem komputasi awan ini.


5. Hematkan Batre
Android mempunyai kelemahan dalam baterai, dikarenakan cakupan daya yang besar untuk berbagai aktifitas. Oleh karena itu saya sarankan anda untuk mengoptimalkan baterai anda, agar aktifitas anda tidak terganggu hanya dikarenakan cakupan daya dari baterai yang habis
Beberapa tips tentang menghemat baterai dapat anda temukan di sini.

6. Root Jika perlu
Root lah HH anda, jika diperlukan. Namun jika tidak diperlukan jangan lah anda root. Info lebih lanjut dapat anda temui di sini.

7. Manfaatkan Layanan Data Dengan Baik
Apa maksudnya? Seperti kita ketahui android itu membutuhkan koneksi yang selalu terhubung dengan internet, banyak fitur yang bermanfaat disana, tapi tentunya pulsa akan cepat habis. Sebaiknya berlangganan Paket Unlimited di Operator saja, selain lebih murah tentunya fitur-fitur android akan terpakai semua, ada anggapan Android tanpa internet tidak ada bedanya dengan HP pada jaman dahulu, tapi jika anda terpaksa tidak membutuhkan koneksi internet karena dana terbatas untuk berlangganan pulsa atau penghematan daya bisa dimatikan koneksinya.
**Jika anda berlangganan internet, sebaiknya baca syarat dan ketentuan yang berlaku terlebih dahulu, banyak sekali jebakan menggunakan kata-kata sebagai sarana promosi. Bedakan juga antara "Unlimited" dan "Non FUP/Non Quota" . Unlimited bukan berarti non quota**
Jika anda senang berselancar di dunia maya, selektif dalam memilih situs, karena terkadang situs yang berat dapat meningkatkan penggunaan bandwidth anda selain itu selektiflah dalam berselancar karena dunia maya terkadang juga digunakan sebagai media untuk penyebaran malware.


8. Upgrade OS android anda
Upgradelah Android anda pada versi yang lebih tinggi, ini akan berguna untuk memaksimalkan android kita, selain itu juga update biasanya adalah penyempurnaan dari versi sebelumnya.
Saran saya sebaiknya gunakan ROM yang resmi, jika anda ragu terhadap custom ROM yang akan anda pilih. Jika anda menggunakan custom ROM jangan lupa baca terlebih dahulu review dari pengguna yang lain, review tentang bug yang ada


Beberapa tips dan tutorial tentang pengoptimalan android dapat anda temukan di blog ini
Terima kasih telah bersedia membaca dan mengunjungi blog maxiandroid, semoga blog ini bermanfaat bagi anda untuk mengoptimalkan android device anda.


9. Gunakan software optimalisasi terbaik untuk android anda
Android anda terasa lambat? Mungkin sedang mencari sebuah aplikasi untuk dapat meningkatkan kinerja android dan alat untuk optimasi, anda dapat menggunakan aplikasi optimalisasi yang banyak tersedia di play store, sebagai contohnya: Android Speed Booster.
Bersihkan pula android anda secara berkala, untuk tipsnya dapat anda temukan pada maxiandroid dengan membaca artikel ini.
Gunakan juga antivirus yang terbaik dan tidak membebani android anda, anda dapat menemukan beberapa antivirus terbaik android di sini.

6 Responses to "Tips Optimalkan Android Anda"

  1. baterai android itu boros bgt yak.. 2x hp spt Nokia, erickson atau blackberry.

    apa tergantung tipe juga ya?

    BalasHapus
  2. Bisa diakui bahwa android boros baterai, namun itu tidak bergantung pada tipe android, melainkan bergantung dari:
    1.software ROM android
    2.kapasitas dan kualitas baterai
    3.aktifitas yang dilakukan
    4.hardware (juga mempengaruhi kinerja dari akses software)

    Untuk nokia, blackberry(yang bukan seri bold) atau hp merk lain dengan OS java atau bada, memang terasa hemat, dikarenakan kinerja yang anda dapatkan juga terbatas. Untuk meningkatkan kinerja maka dibutuhkan asupan daya yang besar. Misalnya anda mengendarai motor 150cc dengan maka akan lebih boros dibanding 100cc namun untuk mencapai titik maximal kecepatan akan lebih mudah pada 150cc

    Semoga bisa membantu
    Thx for visiting my blog :)

    BalasHapus
  3. tambahan pakai V6_supercharger sangat membantu agar android bisa bertahan beberapa hari ( tergantung pemakaian).. saya sdh coba di motorola defy+ dan samsung galaxy tab 7" saya. Dan hasilnya sangat memuaskan.

    BalasHapus
  4. Makasih dah kunjung blog ane :D

    BalasHapus
  5. ada tutor buat pasang script v6 supercharger gak gan?

    BalasHapus
  6. Ada koq di blog maxi pernah saya ulas :)

    BalasHapus