Cara Backup Pada Android

Backup atau pencadangan, tentu saja kata ini tidak asing lagi bagi anda. Namun sering kali kita lupa untuk melakukan backup sebelum kita melakukan sesuatu pada android kita. Hal yang kecil namun akan berdampak besar jika kita lupa melakukan, baik data maupun informasi yang kita peroleh sebelumnya akan hilang begitu saja dan sulit untuk dikembalikan. Bagaimana cara backup pada android? Pada artikel ini saya hendak berbagi kepada anda tentang backup pada android.
Apa saja yang perlu kita cadangkan pada android device kita? Banyak sekali yang sebenarnya harus kita backup agar data dan informasi kita tidak hilang begitu saja karena keteledoran kita, namun pada artikel ini saya hanya membahas beberapa bagian yang perlu kita backup sebelum kita melakukan sesuatu pada android kita.

Beberapa hal yang perlu kita backup:
1.Data pada memory external
2.Contact
3.SMS dan Call log
4.Aplikasi
5.Image dan Video
6.Music
7.Calendar dan dokumen
8.System dan pengaturan lain
9.NANDROID

Beberapa media backup:
1.External Memory
2.Komputer
3.Media penyimpanan Online

1.Data pada memory external
Memory eksternal, merupakan fasilitas yang sangat penting dari android sebagai media penyimpan data. Oleh karena itu kita perlu untuk melakukan backup secara berkala agar data kita tidak hilang.
Backup dengan media PC:
Caranya cukup mudah, anda cukup menghubungkan android anda pada komputer, setelah itu copy semua file yang anda rasa penting pada external memory anda. Dapat juga anda melepas kartu memory anda setelah itu backup ke komputer dengan menggunakan memory reader.
Backup dengan media online:
Berbagai media online dapat anda gunakan, baik auto sync (cloud system) maupun upload secara manual. Untuk upload secara manual anda dapat mendaftar dan menggunakan fasilitas dari media storage seperti 4shared, dropbox, dan lain-lain. Namun jika anda menghendaki system cloud, anda dapat menggunakan beberapa media dan aplikasi yang dapat anda jumpai pada play store diantaranya sugarsync dan sandisk. Untuk mengunduh anda dapat klik gambar di bawah ini:

2.Contact
Tentu saja contact adalah bagian terpenting yang perlu anda backup, anda tentu dapat membayangkan bagaimana jika contact anda hilang, anda akan kesulitan untuk menghubungi rekan maupun saudara anda. Untuk backup contact, anda dapat menggunakan berbagai cara diantaranya:
Backup dengan media PC:
Ketika anda membeli android, tentu saja sebagian besar vendor telah menyediakan aplikasi manager, seperti contohnya pada vendor samsung dengan KIES, Lg dengan LGE Manajer, HTC dengan HTC Sync Manajer, Sony dengan Sony Manajer dan lain-lain.
Backup dengan external memory:
Untuk backup contact dengan menggunakan external memory sebagai media backup, google play store menyediakan berbagai aplikasi, sebagai contohnya: Go Contacts EX dan Backup Contacts, dapat anda unduh dengan klik gambar di bawah ini:

Backup dengan media online:
Tentu saja anda tidak asing, anda dapat melakukan backup dengan menggunakan fitur dari google, cukup anda sync contact anda pada akun google anda, maka secara otomatis akan tersimpan pada google

atau anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat anda download pada play store sebagai contohnya Backup Contacts yang telah saya sediakan di atas.

3.SMS dan Call Log
Sebenarnya tidak begitu penting, namun akan menjadi penting ketika sms dan call log yang anda terima berupa data informasi penting dan orang yang menghubungi anda tidak terdapat pada contact anda, untuk backup anda dapat menggunakan:
Backup dengan media komputer:
Sama seperti pada backup contacts dengan menggunakan media komputer, anda cukup sync android anda dan backup sms dan call log dengan mengunakan aplikasi tersebut.
Backup dengan external memory:
Untuk backup melalui external memory banyak sekali aplikasi di play store yang dapat anda gunakan sebagai contohnya aplikasi yang dapat anda download dengan klik gambar di bawah ini:
Backup dengan system online:
Untuk system online anda dapat menggunakan aplikasi mybackup pro yang telah tersedia di atas.


4. Aplikasi
Untuk backup aplikasi telah saya bahas pada artikel saya sebelumnya, anda dapat membacanya di sini. Atau dapat juga menggunakan URSafe untuk download dapat anda klik pada gambar di bawah ini:

5.Image dan Video
Untuk yang satu ini tentu saja tidak asing lagi cara untuk backup, anda dapat langsung copy ke beberapa media yang tersedia baik melalui offline (komputer) maupun secara online (picasa, youtube, dan sebagainya).

6.Music
Untuk backup dengan media komputer dan external memory sama seperti cara di atas, namun untuk media online anda dapat memanfaatkan aplikasi yang disediakan oleh google dengan layanan google music, untuk mendapatkannya anda perlu mendaftarkan akun anda terlebih dahulu dan install aplikasinya dapat download dengan klik gambar di bawah ini:

7.Calendar dan Document
Untuk sync calendar jika anda menggunakan auto sync maka anda dapat langsung backup secara otomatis, bahkah fasilitas google calendar dapat juga di sync dengan jejaring social seperti contohnya facebook. Dan juga dapat anda gunakan pada perangkat anda yang lain dikarenakan menggunakan fasilitas cloud system.
Untuk document anda dapat menggunakan beberapa fasilitas dari cloud system atau dapat juga anda backup manual seperti layaknya anda backup beberapa document dan file yang lain seperti cara di atas.

8.System dan pengaturan lain
Ini sangat penting khususnya ketika anda hendak reset android device anda. Untuk backup pengaturan dan system anda dapat menggunakan fitur bawaan dari android yang terintegrasikan dengan google, caranya anda masuk pada settings>privasi> kemudian klik backup
Atau dapat juga anda menggunakan titanium backup yang dapat anda download dengan klik gambar di bawah ini:


9.NANDroid
Apakah nandroid itu?
Nandroid backup berisi full backup, data dan aplikasi akan ikut terbackup sehingga jika terjadi suatu hal yang mengakibatkan system brick, kita tidak perlu flashing ulang beserta semua aplikasi yang sebelumnya sudah terinstall.
Bagaimana cara melakukan backup tersebut?

Backup/restore nandroid
-masuk ke cwm
-pilih backup and restore (gunakan tombol vol) tekan power
-pilih backup jika ingin membuat nandroid backup, pilih restore jika jika mau membalikkan nandroid backup yang sudah tersimpan sebelumnya di sdcard

Catatan: 
-Disarankan untuk melakukan backup nandroid sebelum anda melakukan sesuatu pada android anda, misalnya sebelum memasang custom ROM atau edit system pada android.
-Untuk menggunakan backup/restore, pastikan anda untuk install CWM / ClockWorkMod terlebih dahulu dari sini.

6 komentar:

Anonim mengatakan...

gan tolong kasih tips cara pake titanium back up dong :)

Maxi Inovasi mengatakan...

Ok kapan2 saya tulis :)
Thx buat masukannya dan dah kunjungi blog ane :)

masgobeck mengatakan...

mas kalo pake my beckup pro kok waktu restore contact nya ga bisa ya ..

Maxi Inovasi mengatakan...

My backup pro dengan menggunakan system online gan yang dimaksud? Coba pastikan koneksi inet berjalan lancar gan :)

akang mengatakan...

makasih gan atas ilmunya, blog ini selalu d jadiin referensi bwt ane, oia gan ane pake zte blade n88, kira" aplikasi apa yg ga boleh di hapus
thanks yah gan

Maxi Inovasi mengatakan...

Terima kasih telah berkunjung dan mempercayakan blog saya sebagai referensi :)

Poskan Komentar

Entri Populer