Meningkatkan Performa RAM / Optimalisasi RAM

Jika android device anda memiliki RAM yang kecil, sering kali android device anda menjadi lambat dikarenakan aktifitas dari aplikasi yang terlalu berlebih, pada umumnya beberapa pemakai android menggunakan task killer untuk mengurangi beban RAM, namun apakah perlu task killer itu? Seperti yang telah saya tulis pada artikel saya yang sebelumnya yang dapat anda baca di sini, maka saya rasa untuk meningkatkan performa RAM, anda tidak perlu repot harus mematikan aplikasi pada android anda dengan menggunakan task killer. Mari kita berbagi bersama tentang tips untuk meningkatkan performa RAM.
Apakah RAM itu?
RAM atau Random Access Memory merupakan hardware tempat penyimpanan data sementara sebelum di akses oleh processor, data di RAM diakses secara acak (random) dan dengan kecepatan yang sama. Karena bersifat sementara maka data dalam RAM akan hilang begitu tidak ada aliran listrik atau komputer di matikan atau direstart.


Cara melihat RAM pada android anda
Untuk melihat RAM android, yang paling gampang adalah anda dapat mengunakan aplikasi android memory info

Untuk meningkatkan performa RAM, sebelumnya kita harus manage android kita dan jumlah pemakaian RAM yang ada, oleh karena itu dalam pengoptimalan RAM ada beberapa langkah:

Langkah I dengan RAM script optimizer
Yang dibutuhkan:
1.Android device yang telah mempunyai akses ROOT
2.Xplorer yang bisa mengakses root system (ES File Xplorer, Root Xplorer, etc)
3.Script RAM Optimizer download di sini

Caranya:
1.Pastikan Android kita telah di root.


2.Buka root Explorer dari ponsel Android kita. Lalu ekstrak script ram optimizer.
3.Pindahkan script ram optimizer ke dalam folder "system/etc/init.d/". Jika belum ada folder init.d kita bisa membuatnya manual namun setting hak aksesnya menjadi write dengan mengklik di pojok kanan atas aplikasi root explorer dari R.O menjadi R.W (dikarenakan beberapa ROM tidak terdapat folder init.d)
Pertama pilih folder "system" setelah itu set untuk mendapat akses write dengan klik "mount R/W" set permission "mark all" (sumber: pembuat script)
Setelah itu klik tombol menu dan pilih "new folder"
Pindahkan script tadi ke dalam folder "init.d"
4.Jika sudah, restart Android anda dan lihatlah hasilnya.

Langkah II manage statup android dan boost memory
Manage statup android juga sangat mempengaruhi kinerja RAM pada saat anda melakukan booting pada android, untuk manage statup anda dapat menggunakan aplikasi yang dapat anda unduh pada google play store sebagai contoh statup manager pro, android assistant, etc
Untuk boost memory anda dapatkan juga aplikasinya di google play store sebagai contoh menggunakan memory booster full version.

Langkah III aplikasi alternatif
Dikarenakan tidak semua ROM support pada langkah I, maka anda dapat menempuh langkah II atau langkah III dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, RAM Manager yang dapat anda download dengan klik gambar di bawah ini.

Langkah IV manage aplikasi anda
Manage aplikasi sangat penting, tanpa manage aplikasi, langkah-langkah yang anda tempuh di atas kurang lengkap. Karena aplikasi yang berjalan di belakang system sangat lah berpengaruh terhadap kinerja RAM anda.
Hapuslah aplikasi yang tidak anda gunakan, selain memperbesar storage juga akan mempengaruhi kinerja RAM karena beberapa aplikasi berjalan di balik system RAM, selain itu storage yang besar juga akan berpengaruh untuk menyimpan cache sementara dalam membantu kinerja RAM. Oleh karena itu janganlah anda penuhi storage anda khususnya internal storage.

22 komentar:

nmblog mengatakan...

yang make scrip bisa utk os android 2.2.1 gk ?

Maxi Inovasi mengatakan...

unt froyo saya blm mencoba, namun unt gingerbread saya telah test dan dapat berjalan lancar

jika anda berkenan silakan unt mencoba pada froyo dan mengkonfirmasikan kepada kita, sehingga pembaca blog saya dan khususnya saya akan sangat berterima kasih atas peran serta anda :D

Anonim mengatakan...

udah pake scrip sama ram manager tp tetep aja agak lag min,apa krn kbnyakan aplikasi ya?go launcher itu bikin hh jd lag ngga sih min ?

Maxi Inovasi mengatakan...

pemakaian script hanya membantu kinerja RAM sedikit

yg paling pokok adalah pemakaian ram yg di background, salah satunya kebanyakan aplikasi yg bersifat stand by

coba kurangi aplikasi yg ga begitu penting

nmblog mengatakan...

min permission buat folder init.d sma permission script nya ap?

Maxi Inovasi mengatakan...

Wkwkwk...maaf gan lupa kasi permission, untuk permission mark all gan (refrensi dari yg buat script tadi di http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=1111145

semoga bisa membantu :)

R.E mengatakan...

script na gx bisa di donlod :)

R.E mengatakan...

gan Rakun ane cba donlod kok gx bisa

Maxi Inovasi mengatakan...

Ok makasih atas masukanny :D
Sudah saya benahi kembali URLnya :D

nmblog mengatakan...

yang folder init.d nya jg di mark all ya permissionnya : rwxrwxrwx

Maxi Inovasi mengatakan...

Correct gan :)

aknajib mengatakan...

kalo buat ICS udah bisa belum min??

Maxi Inovasi mengatakan...

Unt ICS saran saya pakai yg aplikasi pihak ketiga yg dpt di download di play store gan, soalny arsitektur ICS beda ma froyo atau GB n ane blom coba pake script di ICS

Jd unt antisipasi hal2 yg tidak diinginkan saran ane coba pake aplikasi dari play store tentu saja yg ada review positif dari penggunanny

Smg bisa mmbantu :)

Andryan mengatakan...

min gk semestiny ngikutin mark all permisiony kn..
soalny di ane folder init.d ny
ceklisy gini
^ ^ ^

jadi script ramny ane ikutin gtu juga..
tp sukses gk bootlop :D

Maxi Inovasi mengatakan...

Ok dech gan, sukses slalu n makasih udah kasi masukan ke ane ^^V

Anonim mengatakan...

gan klo di R/W gk isa buat folder, tp klo di R/O baru bisa buat folder, gimana caranya dlm mode R/W bisa buat folder, pdhl hp ane udah di root gan, hp ane android 2.2.1, tolong solusinya

Maxi Inovasi mengatakan...

Maksudnya ketika ada tulisan "Mount R/W" anda klik itu maka akan menjadi Read/Write dan anda bisa membuat folder, jika anda klik lagi "Mount R/O" maka akan menjadi Read/Only dan anda tidak bisa membuat folder disana

zie zie zm mengatakan...

Gan setelah di extract filenya jd banyak..apa di pindah smua ke folder init.d

Maxi Inovasi mengatakan...

Betul gan :D

Anonim mengatakan...

cara mengetahui bekerja atau tidaknya s97 ini gimana gan?

Maxi Inovasi mengatakan...

Jika berhasil, anda akan merasakan sedikit peningkatan optimalisasi pada perangkat anda, jika anda binggung terhadap parameter, silakan unt mencoba rakun optimizer yang dapat anda download pada blog maxiandroid ini :)

Anonim mengatakan...

makasihhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

Poskan Komentar

Entri Populer