WebCam dan IP Cam Dengan Android


Android memang platform yang mengagumkan, berbagai aplikasi dikembangkan untuk mengoptimalkan android, seperti yang telah saya bahas dalam artikel di blog maxiandroid ini. Jika anda adalah senang chatting, pastilah webcam memegang peranan penting untuk mendukung sarana chat. Namun jika kita sedang pergi dan lupa membawa webcam, namun kondisi mendesak kita untuk melakukan video conferance atau menghubungi teman atau saudara kita, apakah kita harus membeli sebuah webcam baru hanya untuk hal tersebut? Jawabnya TIDAK, kita cukup memanfaatkan android kita sebagai pengganti webcam. Bagaimana caranya? Mari kita berbagi tentang cara mengubah android menjadi webcam.

Terkadang arti webcam dan IP Cam terkadang agak rancu. Oleh karena itu dalam artikel ini saya menuliskan judul "Webcam dan IP Cam dengan android" bukan "Webcam atau IP Cam dengan android", karena saya akan membahas mengubah android menjadi webcam dan juga mengubah android menjadi IPCam, Lalu apakah beda antara Webcam dan IP Cam itu?

Webcam:
Singkatan dari web camera adalah sebutan bagi kamera real-time (melihat keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui World Wide Web, program instant messaging, atau aplikasi video call. Webcam atau web camera adalah sebuah kamera video digital kecil yang dihubungkan ke komputer melalui (biasanya) port USB ataupun port COM. (Sumber).

IPCam:
Merupakan bagian dari CCTV, mari kita ketahui terlebih dahulu arti CCTV, CCTV adalah penggunaan Video Camera untuk menampilkan gambar pada waktu dan tempat tertentu CCTV merupakan kepanjangan dari Closed Circuit Television, yang berarti menggunakan signal yang bersifat tertutup, tidak seperti televisi biasa yang merupakan broadcast signal. pada umumnya CCTV digunakan sebagai pelengkap keamanan dan banyak dipakai di dalam industri industri seperti : Militer, Airport, Toko, Kantor, Pabrik bahkan sekarang perumahan pun telah menggunakan teknologi ini. 
Camera CCTV ini berfungsi sebagai alat pengambil gambar, ada beberapa tipe camera yang membedakan dari segi kualitas, penggunaan dan fungsinya 2 hal yang paling utama adalah, camera CCTV analog dan Camera CCTV Network dimana camera analog menggunakan satu solid kabel untuk setiap camera yang berarti, setiap camera akan harus terhubung ke DVR (untuk merekam hasil yang dipancarkan oleh CCTV) atau system secara langsung sedangkan Camera Network atau yang biasa di sebut IP Camera/IPCam, bisa menggunakan Jaringan Network yang berarti akan menghemat dari segi installasi karena network bersifat pararel dan bercabang tidak memerlukan satu kable khusus untuk tiap camera dalam pengaksesannya.(sumber:wikipedia dan beberapa blog).
Beberapa aplikasi untuk membuat android menjadi webcam dan ipcam banyak tersedia di google play store,  namun pada kali ini saya akan membahas salah satu dari aplikasi tersebut yang dapat mengubah android menjadi webcam sekaligus mengubah android menjadi ipcam. 

Persiapan yang dibutuhkan:
1.Android device anda (baik ROOT maupun UNROOT).
2.Device ID android anda.
3.Periperal yang anda butuhkan untuk menghubungkan android ke PC (bisa berupa kabel data USB atau Wifi atau apapun itu).
4.Komputer
5.Aplikasi DroidCam
Droid Cam Free version
Android Download
Komputer Download

Droid CamX Pro version
Android Download
Komputer Download
Jika anda ingin mencoba yang pro version, maxiandroid menyediakan filenya namun disarankan setelah anda merasa puas menggunakan, sebaiknya anda membelinya Download (password: maxiandroid)

Cara penggunaan:
>>Install file apk pada android dan exe pada komputer anda

>>DroidCam Client menyediakan 4 fitur untuk mengkoneksikan android dengan komputer anda: 
Koneksi:
Via Wifi/LAN (DroidCamX PRO dan DroidCam)
1. Nyalakan WiFi pada ponsel Anda dan hubungkan ke jaringan wifi pada rumah Anda (atau bekerja / sekolah) seperti biasa. Anda harus dapat mengakses halaman web melalui aplikasi browser.

2. Mulai jalankan aplikasi pada android (DroidCam atau DroidCamX). Maka akan muncul tampilan "Starting server .." dan IP dan informasi Port.
Jika IP adalah semua angka nol (0.0.0.0) - Anda tidak terhubung dengan benar ke jaringan.

3. Mulai PC client (Start -> All Programs -> DroidCam). Pastikan metode koneksi "WiFi / LAN", masukkan IP dan Port sesuai dengan yang ditampilkan di android. Klik [connect].

4. Jika benar, maka aplikasi android harus mulai menampilkan output kamera. PC klien harus mulai memperbarui tampilan "webcam" output - Anda dapat memeriksa di Skype / MSN / YM apapun. Cari "webcam" atau "video" pengaturan dalam pilihan / preferensi dari program ini.
Anda juga dapat melihat output video dengan mengklik kanan pada klien PC dan memilih "show output video" dari menu.

5. Klik [Stop] untuk memutuskan sambungan (atau tekan "Stop" tombol di app android).



Via Internet Browser (DroidCamX PRO)
Untuk menggunakan fitur "IP Cam" (tersedia dengan DroidCamX) Anda biasanya tidak perlu menginstal perangkat lunak tambahan pada komputer.
1. Nyalakan WiFi pada ponsel Anda dan terhubung ke jaringan WiFi seperti biasa.

2. Mulai DroidCamX, harus mencetak "Starting Server..IP: Port A.B.C.D: 4747 "

3. Isikan IP pada browser Internet dan port: 4747 ke address bar (ganti ini dengan apa pun cetakan DroidCamX). Contoh:
4. Pilih Format A pada 384×288 untuk memperoleh hasil terbaik, dan alternatif lain adalah Format C.


Via ADB / USB (DroidCamX PRO dan DroidCam)

1.Untuk menggunakan koneksi USB maka diperlukan melalui program yang disebut "Android Debug Bridge", atau ADB. File adb.exe termasuk dalam folder instalasi DroidCam.

2.Untuk berkomunikasi dengan perangkat, driver dari produsen perlu diinstal di komputer. Anda dapat download driver tersebut pada situs official atau biasa tersedia bersama dengan CD yang anda dapat ketika anda membeli android.

3.Untuk secara manual memeriksa apakah driver diinstal:
Buka My Computer dan menemukan di mana droidcam dipasang. Perhatikan jalur lokasi. Hubungkan telepon Anda ke komputer.
Go to start -> All programs -> accsesoris. Buka "Command Prompt" sebagai admin
Pada command prompt yang terbuka, ketik dimana DroidCam ter-install, sebagai default:
cd "C: \ Program Files \ DroidCam \", 
di mana teks dalam tanda kutip merupakan jalur instalasi. Mengubahnya ke apa yang kamu peroleh dari langkah 1.

Kemudian ketik 
cd adb
Cari alamat device ID (device ID dapat anda peroleh dengan ketik *#*#8255#*#* pada android anda dan temukan device ID android anda.)
Setelah anda mengetahui device ID android anda, kembali ke command prompt pada komputer dan ketik
adb (device ID anda)
sebagai contoh pada gambar di atas ketik adb 3951*******
Jika daftar kosong, adb tidak melihat telepon dan driver harus diinstal - Putuskan sambungan telepon dari komputer. 

4.Pada android, hidupkan Debbuging USB, caranya pergi ke 
Settings > Applications > Development > Aktifkan "USB Debugging" 
Jika anda binggung cara install USB Driver pada komputer anda, ikuti petunjuk di sini.




Via Bluetooth (DroidCamX PRO)
Koneksi menggunakan Bluetooth akan terasa lambat dan kurang dapat diandalkan. Hanya mendukung tampilan video. Jika Anda belum pernah dipasangkan PC dan ponsel sebelumnya, saya sarankan Anda mencoba mengirim gambar dari galeri ke komputer sebagai uji coba apakah bluetooth anda benar terkoneksi dengan komputer ( pastikan juga bahwa komputer dan android anda telah pairing).
1. Aktifkan bluetooth pada komputer Anda. Mulai PC client, pilih Bluetooth sebagai metode koneksi dan klik [Prepare]. Jika tidak ada pesan kesalahan yang ditampilkan, maka klien siap untuk menerima koneksi.

2. Aktifkan aplikasi pada android, tekan tombol menu dan pilih opsi Bluetooth. Jika bluetooth tidak aktif, aplikasi akan meminta untuk diaktifkan. Pilih Bluetooth melalui menu lagi setelah diaktifkan tersebut.

3. Akan ditampilkan perangkat standar, dimana perangkat anda yang akan terkoneksi. Pilih nama komputer Anda dari daftar. Jika tidak ada, buat agar 'ditemukan' komputer dan scan untuk di android. (karena beberapa fitur harus mengaktifkan discoverable agar bisa ditemukan perangkat anda).

4. DroidCam akan menampilkan pesan yang menunjukkan bahwa perangkat target telah ditetapkan. Pilih opsi Bluetooth lagi untuk mencoba dan menghubungkan.

5. Anda harus mulai melihat video output seperti biasa. Format A mungkin akan menjadi berombak - coba Format C atau B.



Via Server Mode (DroidCamX PRO)

DroidCamX dapat terhubung ke PC Client, bukan sebaliknya.
1. Pilih "Create Server WiFi" pilihan pada klien PC. Klik [Start].

2. Tekan tombol Menu pada ponsel Anda, dan pilih "Connect to Server". Anda akan membutuhkan alamat IP komputer, cari di pengaturan jaringan Anda. Ini masih melalui WiFi di telepon.

3.Teruskan Port 4747 ke PC, dan Anda dapat terhubung ke IP eksternal Anda melalui 3G 
(hati-hati dengan internet quota data plan anda! Gunakan B Format dan resolusi rendah. Bandwidth Killer!)




Jika sudah anda pilih salah satu cara untuk mengkoneksikan android anda dengan komputer maka silahkan anda cek pada pengaturan Video/Webcam pada Software VideoCall anda. Pasti akan tertambah satu Device Webcam lagi yaitu DroidCam.
Jika masih belum bisa terkoneksi, silakan menuju tutorial yang ada pada situs official di sini.

Catatan:
1.Jangan lupa install USB Driver pada komputer anda terlebih dahulu
2.Cara ini berlaku untuk Froyo dan GingerBread. Jika anda menggunakan ICS maka anda perlu mengkoneksikan dengan menggunakan bridge terlebih dahulu.
3.Seperti artikel pada maxiandroid yang lain, artikel ini juga saya uji dengan gingerbread dan berhasil untuk ICS langkah yang harus ditempuh berbeda.
4.Gambar akan terasa sedikit lambat dan suara akan delay, tergantung dari OS dan device anda (saya coba menggunakan optimus 2x dan galaxy mini).
5.Untuk lebih jelas anda dapat melihat video di bawah ini

3 Responses to "WebCam dan IP Cam Dengan Android"

  1. mancapppp,,,,,,,,
    PERTAMAXXXX
    ane yg pesen,,, MUachhhhh muachh wkwkkwkwk

    BalasHapus
  2. mancap bang,,,
    terima kasih banyak ye bang,,,

    BalasHapus

Arsip Blog

Statistik Blog