Fitur Android 5.0 Jelly Bean


Bagi pengguna android mungkin istilah "ICS" atau android versi 4.0 sudah tidak asing lagi, namun setelah adanya kemunculan android 4.0, google kembali melakukan release untuk versi terbarunya 5.0 dengan code "Jelly Bean". Fitur apa saja yang akan disematkan pada android versi 5.0 ini? Mari kita berbagi bersama tentang Jelly Bean.
Setelah release android versi 4.0 namun rendahnya penggunaan Android versi terbaru, Ice Cream Sandwich (Android 4.0) di smartphone dan perangkat tablet sepertinya membuat Google bergerak cepat untuk segera merilis Android versi selanjutnya. Google dikabarkan akan meluncurkan Android 5.0 yang diberi nama "Jelly Bean" pada kuartal II-2012 atau sekitar bulan Juni mendatang.

Seperti yang dilansir Digitimes yang mendapat informasi dari distributor yang berbasis di Taiwan, peluncuran "Jelly Bean" disebabkan karena penyerapan Ice Cream Sandwich telah gagal memenuhi harapan semula. Hingga Februari 2012, Ice Cream Sandwich hanya dipakai sekitar satu persen dari perangkat ponsel dan tablet yang ada.

Salah satu ponsel yang baru memakai Ice Cream Sandwich adalah Galaxy Nexus, pada akhir tahun lalu. Meski, beberapa bulan ke depan Ice Cream Sandwich diperkirakan akan banyak dipakai oleh perangkat Android lain, terutama saat beberapa vendor ponsel merilis perangkat terbarunya di ajang Mobile World Congress (MWC) di Barcelona akhir bulan ini.

Sementara versi Android yang yang paling banyak dipakai adalah Android Gingerbread (mulai versi 2.3.3 hingga 2.3.7) yang digunakan oleh 58,6 persen dari perangkat Android yang ada. 

Peluncuran OS Android 5.0 ini juga disebut juga karena kehadiran Windows 8 yang akan dirilis Microsoft pada kuartal III-2012. Android "Jelly Bean" selain bisa digunakan untuk smartphone dan tablet, Google juga akan merancangnya sebagai sistem operasi di notebook dan netbook. 

Sebenarnya Google telah memiliki sistem operasi untuk notebook, yaitu Chrome. Namun, notebook dengan Chrome (Chromebook) juga tidak sebaik perkiraan Google semula. Oleh karena itu, Google akan merancang "Jelly Bean" siap digunakan di notebook, untuk bersaing dengan Windows 8. 
Sumber: digitimes

Fitur yang ditawarkan android 5.0
Kehadiran si Android Jelly Bean ini juga dilengkapi fitur-fitur baru pendukung kinerja pengguna yang tidak dimiliki oleh OS Android sebelumnya selain fitur Game Charge, di antaranya seperti Full Chrome Browser, File Manager, Virtual Keyboard, Power Efficiency, dan yang tidak boleh ketinggalan adalah fitur Faster OS. 

1.Game Charge
Menurut rumor Android Jelly Bean akan menggantikan fitur yang belum sempat dirilis Android V4.0 (Ice Cream Sandwitch), seperti salah satunya fitur Game Charge yang akan membuat Android Jelly Bean menjadi OS Android khusus untuk para pengguna Game. Sebenarnya fitur Game Charge ini akan dirilis pada saat Android V4.0, tetapi dengan berbagai alasan dari Google.inc fitur Game Charge ini tidak jadi di rilis pada Android V4.0. Kemunculan OS baru Android ini di harapkan bisa memberikan angin segar kepada para gamer’s untuk dapat menyalurkan hasrat bermain game, tentunya dengan segala aspek dan kinerja yang lebih baik dari sebelumnya.

2.Full Chrome Browser
Full Chrome Browser adalah fitur browser Google Chrome yang sama dengan versi browser OS sebelumnya, tetapi pada Jelly Bean, fitur browser divisualisasikan sama dengan browser yang ada pada PC atau laptop. Sehingga kehadiran Jelly Bean memberikan nuansa yang sama dengan apa yang ada pada PC, tentu dengan menyamakan ukuran pada smartphone yang dipakai dengan tabbed browsing yang lebih simple. Serta adanya rumor bahwa google akan mengembangkan html5 yang sebelumnya telah digunakan oleh kompetitor utamanya apple.
3.Dilengkapi File Manager
Pada versi sebelumnya, android tidak dilengkapi oleh File Manajer. File Manager adalah fitur untuk menata data aplikasi pada memori di smartphone, di mana fitur ini hadir untuk mengefisiensikan penggunaan File Manager lama yang merupakan aplikasi dari pihak ketiga. Jadi kehadiran File Manager ini langsung tertanam dalam Android Jelly Bean dan lebih “user friendly”.
4.Virtual Keyboard
Pernah menggunakan Gmail Tap? Gmail Tap adalah keyboard virtual yang hanya menggunakan 3 tombol untuk mengetik sebuah pesan. Cara kerja mirip sandi morse, jadi kemungkinan teknologi ini akan menggantikan keyboard virtual versi qwerty. Virtual Keyboard merupakan fitur pengembangan baru dari fitur Virtual Keyboard yang lama dengan pengubahan akses pergantian karakter dari huruf ke simbol dengan menekan tombol lebih lama. Jadi fitur ini bisa menambah kemudahan kinerja kita dalam kegiatan penulisan.
5.Hemat Energi
Baterai boros merupakan momok pada android, oleh sebab itu penghematan energi memang sangat penting sekali untuk Android, karena itu banyak sekali bermunculan aplikasi penghemat baterai untuk Android. Oleh karena itu Jelly Bean berencana akan diberikan aplikasi power efficiency  yang lebih efisien dalam penghematan energi. Power Efficiency Adalah fitur penghemat daya baterai yang langsung tertanam pada Android Jelly Bean, jadi kita tidak lagi susah install aplikasi pihak ketiga untuk manajemen daya baterai yang ada pada smartphone yang kita gunakan.
6.Faster OS
Biasanya setiap peningkatan versi Android diikuti juga dengan peningkatan spesifikasi untuk mengimbangi kecepatan memprosesnya, namun Jelly Bean didesign untuk dapat digunakan semua perangkat baik dengan spesifikasi tinggi ataupun dengan spesifikasi rendah.

Faster OS adalah fitur penting dalam upgrade OS yang baru, di mana setiap keluaran Operating System yang baru dipastikan ada penambahan kinerja untuk Smartphone tersebut. Seperti kecepatan loading atau semakin ringannya menjalankan aplikasi dan semacamnya, jadi kehadiran Android Jelly Bean ini bisa memberikan kinerja lebih baik dari era Android Ice Cream Sandwitch. Dan menurut gosip yang berkembang penambahan fitur Faster OS ini nantinya akan semakin mempercepat dan memperingan dalam pengoperasian/penggunaan smartphone. Untuk tujuan akhirnya sendiri dari upgrade ini adalah agar OS Android bisa berlari kencang dan cepat tanpa lagi harus menggunakan processor dual core atau quad core.
7.Layanan Google integrasi
Layanan Google lebih terintegrasi pada perangkat Android Jelly Bean, dengan memerlukan akun Google secara efektif. Pelacakan Google yang mencakup segala pengguna dan penekanan pada pelayanan sosial, mengharapkan Jelly Bean untuk melakukan segala sesuatu yang bisa untuk mendapatkan pengguna untuk berinteraksi dengan layanan Google dibandingkan dengan para pesaing. Hal ini mungkin termasuk integrasi langsung dengan Google +  serta dukungan untuk Google TV.

8.Perlindungan malware
Android menjadi sasaran semakin populer untuk scammers dan malware, Jelly Bean merupakan upaya pertama Google dan built-in perlindungan malware, terutama karena sifat freewheeling dari Google Play Store secara resmi dan proliferasi pihak ketiga pasar tampaknya membuatnya terlalu mudah bagi pengguna untuk secara tidak sengaja tersandung pada perangkat lunak berbahaya.

9.Google Assistant
Menurut rumor Google assistant akan tertanam pada jelly bean, hal ini merupakan salah satu fitur saingan dari siri milik iphone. Menurut sebuah laporan baru, awalnya disebut ”Majel”, asisten pribadi hanya akan disebut “Assistant” dan datang dengan sebuah API yang akan membiarkan pengembang membuat penggunaan baru untuk “Assistant”

10.Widget pada Lock Screen
Widget kunci layar mungkin menambahkan cuaca, jam atau widger lain. Jelly bean akan mendapat pull down pemberitahuan dari layar kunci, tapi itu mungkin tidak bekerja jika Anda memiliki kode akses atau pola, untuk alasan keamanan.

4 Responses to "Fitur Android 5.0 Jelly Bean"

  1. Kunjungan balik ane, postingan yang bagus :)

    BalasHapus
  2. Mantappppppppp dah androiiiid dgn google nie :-D

    BalasHapus
  3. Gue pkai android jga, tpi mash pakai ginger. Gmana ya instal ke v.4.???
    Susah n ga2l trus !

    BalasHapus