Telepon Gratis Dengan VoIP Pada Android

Anda merasa sering ragu untuk menelpon dan sms karena mahaldan pulsa cepat habis? Untuk para user android, kini kalian tidak perlukhawatir lagi, karena pada android terdapat aplikasi untuk mengatasi persoalantersebut dengan mempergunakan fasilitas VoIP. Mari kita berbagi bersama tentang VoIP pada android bersama maxiandroid dan salah satu admin droid indonesia @IkkyAditya.

Apakah VoIP itu?

Voice over Internet Protocol (juga disebut VoIP, IP Telephony, Internet telephony atau Digital Phone) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa.

Definisi VoIP adalah suara yang dikirim melalui protokol internet (IP).

[sunting]Protokol


Voice over IP telah diimplementasikan dalam berbagai macam jalan menggunakan hak milik dan standar serta protokol terbuka. Contoh protokol jaringan yang digunakan untuk mengimplementasikan VoIP meliputi:
-H.323
-Media Gateway Control Protocol (MGCP)
-Session Initiation Protocol (SIP)
-Real-time Transport Protocol (RTP)
-Session Description Protocol (SDP)
-Inter-Asterisk eXchange (IAX)

Protokol H.323 adalah salah satu dari Protokol VoIP yang penerapannya ditemukan secara luas untuk lalulintas jarak jauh, seperti layanan Jaringan Area Lokal (LAN). Namun, karena perkembangan baru, protokol yang lebih kompleks seperti MGCP dan SIP, H.323 penyebaran semakin terbatas untuk membawa jarak jauh yang ada lalu lintas jaringan. Secara khusus, Session Initiation Protocol (SIP) telah mendapatkan penetrasi pasar luas VoIP.(sumber)

Penerapan VoIP dalam android
Beberapa aplikasi VoIP tersedia pada play store, beberapa di antaranya yang terkenal adalah aplikasi Skype, namun pada artikel ini kami mencoba berbagi kepada anda aplikasi lain selain Skype, sebuah aplikasi VoIP untuk android yang bernama viber.

Apa itu viber?
Viber adalah sebuah aplikasi berbasis VoIP yang cukupterkenal di kalangan pengguna iOS. Yang unik dari aplikasi ini, anda tidakperlu membuat account atau menambah teman, karena viber menggunakan nomorhandphone anda sendiri. Selain itu, nomor teman yang anda simpan di kontak,akan otomatis tercantum pada kontak viber seperti halnya dengan whatsapp.

Kelebihan menggunakanviber:

1.Dapat mengirim pesan singkat (sms) yang tersusun dalam bentuk chat. 
2.Dapat menelepon pengguna viber lain dengan kualitas suara yang cukup baik dan jernih (tergantung koneksi jaringan yang anda dapatkan). 
3.Lebih ringan dan ramah sehingga tidak terlalu membebani kinerja system dan tidak terlalu menguras baterai. 
4.Kelebihan utama dari aplikasi ini adalah free alias gratis.

Dibanding messenger lain seperti Skype, GTalk,  atau Yahoo Messenger, Viber lah yang palingmendekati fitur sms dan telepon sesungguhnya. Yang membedakannya Vibermenggunakan jaringan GSM atau 3G sebagai ganti pulsa utama yang sering dicapmahal oleh pihak operator.  Dengan paketinternet yang cukup murah, anda sudah bisa menikmati layanan telekomunikasidengan menggunakan viber. Jika anda menggunakan dial up viber, maka viber akanotomatis terhubung, dan jika anda menggunakan dial up biasa, maka yangterhubung adalah fungsi telepon biasa.

Bagaimana caramenggunakan viber?
Penggunaan viber tidaklah terlalu sulit. Pada dasarnya samaseperti kita ingin menelepon atau sms seperti biasa. Jika teman anda menanyakanakun viber anda, maka anda cukup memberi nomor handphone anda karena nomorhandphone anda adalah nomor viber anda.

Untuk menggunakannya, anda dapat mengikuti langkah-langkahberikut ini:
1.Download dan install aplikasi tersebut, untuk download anda klik gambar di bawah ini  
2.Masuk ke aplikasi viber dan klik continue 
3.Viber akan meminta akses ke kontakmu untuk mendapatkan list siapa saja teman anda yang menggunakan aplikasi ini atau dengan kata lain akan ter sync dengan kontak anda. Pada pilihan ini klik OK
4.Setelah itu pilih regional dan masukkan nomor handphone anda dan klik continue
5.Setelah itu klik approve untuk verifikasi nomor handphone anda via sms.
6.Setelah mendapat sms dari viber, kemudian masukkan 4 digit angka untuk aktifasi viber anda

7.Anda telah sukses terdaftar pada viber dan selamat menikmati fasilitas VoIP
Tambahan:
-Sebenarnya tidak 100% VoIP dikatakan gratis, namun lebih tepatnya lebih murah dibanding menggunakan cara konvensional, karena beberapa operator pada VoIP anda hanya memperkenankan agar anda membayar jalur data saja yang relatif murah
-Jika anda ingin mencoba aplikasi VoIP untuk android selain SKYPE dan VIBER anda dapat klik di sini.

0 Response to "Telepon Gratis Dengan VoIP Pada Android"

Posting Komentar