Google Android 6.0



Android kini menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan. Google bahkan menyebut tiap hari ada sekitar 850 ribu aktivasi perangkat Android setiap harinya. Executive Chairman Google, Eric Schmidt, mengaku jika Google semakin optimistis dengan masa depan Android. Eric Schmidt bahkan menyebut saat ini sudah ada sekitar 2 miliar orang yang online dari 7 miliar penduduk dunia. Ini dianggap Schmidt sebagai tantangan sekaligus kesempatan.
"Kami perlu realistis tentang teknologi," kata Schmidt, di ajang Mobile World Congress, di Barcelona, Spanyol. "Masa depan, secara mudah, merupakan milik 'ultra-connected people'. Tapi, sebagian besar tidak masuk kategori itu," kata Eric Schmidt, Schmidt pun kemudian mengatakan, Google memiliki kesempatan besar di dunia maya, terutama dengan sistem operasi Android. "Jika Google melakukannya secara benar, akan ada Android di tiap kantong," ucap Schmidt.

Walau begitu, saat ini yang belum online secara mobile mencapai angka 5 miliar, dengan 3 miliar di antaranya masih menggunakan ponsel fitur. Sejumlah jaringan di berbagai negara pun belum menunjang LTE. Tapi, Schmidt tetap optimistis dan menyebut migrasi akan bisa dilakukan secara bertahap. "Konektivitas, bahkan yang paling sederhana mengubah kehidupan," tutur Schmidt.

Schmidt juga meyakini perangkat smartphone akan semakin murah. "Banyak rekan kami yang mengerjakan ponsel di kisaran harga US$100 hingga US$150 (antara Rp1 juta hingga Rp1,5 juta)," ucap Schmidt. "Target termurah adalah US$70 per perangkat," lanjutnya. 

Oleh karena obesesi dari google tersebut, maka pihak google terus berupaya memunculkan dan memperbaiki kinerja android. Mungkin pembaca telah mengetahui berbagai upaya dari google mulai dari kebijakan penyatuan (termasuk google play>artikel tentang google play dapat dibaca pada di sini), sampai dengan pembaruan OS android

Google dikabarkan akan menggunakan nama "Key Lime Pie" untuk versi Android yang datang setelah Android 5.0 Jelly Bean. Padahal, Jelly Bean sendiri baru akan dirilis pada kuartal II-2012 atau sekitar Juni mendatang.

Berdasarkan laporan The Verge, yang mendapat bocoran dari sumber terpercaya, Google berencana menggunakan nama "Key Lime Pie" untuk versi Android setelah Jelly Bean. 

Singkatnya, Android itu akan disingkat dengan inisial "KLP". Key Lime Pie melanjutkan "tradisi" nama makanan penutup sebagai kode Android.

Tradisi ini dimulai dari Android sebelumnya yaitu Cupcake, Donut, Eclair, Froyo (frozen yoghurt), Gingerbread, Honeycomb dan Ice Cream Sandwich. 

Google merilis "Ice Cream Sandwich" di awal 2012 dan menggunakannya pada Samsung Galaxy Nexus untuk pertama kalinya.

Selanjutnya, Google akan menggunakan inisial J dan K pada nama kode Android selanjutnya.N ama yang muncul adalah "Jelly Bean" dan "Key Lime Pie".

Kemungkinan Google bakal merilis Android 6.0 Key Lime Pie paling cepat pada 2013 nanti. Jadwal rilis ini agak lambat dibandingkan sebelumnya.

Beberapa versi Android terakhir memang cenderung lambat penyerapannya. Hingga Februari 2012, Ice Cream Sandwich baru dipakai sekitar satu persen dari perangkat ponsel dan tablet yang ada.

Sumber: Berbagai macam sumber di google

2 Responses to "Google Android 6.0"

  1. Wow!!! jadi semakin yakin deh, android akan menjadi raja.. mengalahkan "semuanya"... :p

    BalasHapus
  2. baru android versi ginger bread aja rasanya udah puas. gimana v 6 itu yah??

    BalasHapus