Remove Duplicate Contact Android

Phonebook atau kontak merupakan bagian terpenting dalam android, terlebih lagi ketika anda hendak menghubungi rekan atau saudara anda, namun apa yang terjadi ketika kontak anda dipenuhi oleh hal yang tidak penting seperti contohnya nama yang terduplikat, hal ini cukup merepotkan anda dalam mencari kontak yang hendak anda hubungi. Bagaimana cara optimalisasi kontak pada android? Dalam artikel ini saya hendak berbagi kepada anda tentang tips optimalisasi kontak pada android anda.
Apakah Anda lelah terus-menerus menghapus angka yang sama di ponsel Android Anda secara manual mencari setiap nomor dan menghapusnya? 

Mengapa kontak dapat terduplikasi?
Alasan untuk terjadinya duplikat pada kontak anda adalah bahwa Anda disinkronisasikan dengan layanan Gmail, aplikasi jejaring sosial dan lainnya.

Bagaimana solusinya?
Salah satu solusinya ada menyatukan / merge atau menghapus kontak yang terduplikasi tersebut tanpa menghilangkan data kontak yang telah ada. Anda dapat menghapus atau edit kontak anda untuk merge secara manual atau dapat juga menggunakan aplikasi yang tersedia di google play store.

Bagaimana cara kerja aplikasi tersebut?
Aplikasi tersebut mencari dengan keyword yang sama pada kontak anda, biasa keyword berdasar nama, nomor, ataupun email namun beberapa aplikasi yang lain ada juga yang mencari lebih detail seperti messenger dan lain sebagainya.

Beberapa aplikasi biasanya tidak menghapus duplikat kontak, namun hanya menggabungkan (merge) dua atau lebih kontak yang memiliki kesamaan, baik memiliki nama yang sama, nomor telepon yang sama maupun email yang sama, namun ada juga yang menghapus duplikasinya secara manual maupun otomatis.

Apakah nama aplikasi yang terbaik untuk optimalisasi contact?
Beberapa aplikasi tersedia di google play store seperti contohnya contact remover, merge contact, contact analyzer 2 dan beberapa aplikasi lainnya, namun pada artikel ini saya hendak menggunakan salah satu dari beberapa aplikasi yang tersedia di play store yang menurut saya terbaik dalam melakukan optimalisasi pada kontak android kita, karena ketika saya mencoba beberapa aplikasi di atas, masih terjadi duplikasi yang tidak terdeteksi, namun ketika menggunakan go contact ex hampir sebagian besar masalah duplikasi dapat teratasi.

Langkah yang ditempuh
1.Download dan install  Go Contacts EX dengan klik gambar di bawah ini.
2.Sebelum menggabungkan kontak, sebaiknya kontak di backup dulu di SD card, untuk berjaga-jaga jika terjadi kesalahan. Caranya: pernah saya tuliskan pada artikel maxiandroid yang dapat anda baca di sini, atau anda dapat menggunakan cara:
Aktifkan aplikasi Go Contacts EX > tekan tombol MENU > klik "Import-Export" > klik "Export to SD card".
3.Setelah selesai anda backup > tekan tombol MENU > klik "Merge" > nanti akan muncul tiga pilihan, yaitu:
Search by Name: Mencari duplikat kontak berdasarkan nama yang sama 
Search by No: Mencari duplikat kontak berdasarkan nomor telepon yang sama 
Search by Email: Mencari duplikat kontak berdasarkan alamat email yang sama
4.Setelah itu anda klik "Merge" untuk mulai menggabungkan.  Jika terdapat lebih dari tiga kontak yang memiliki keyword yang sama, namun hanya dua yang ingin digabungkan, maka Anda dapat menghilangkan tanda centang di kontak yang tidak ingin digabung.

Catatan:
Terkadang setelah anda merge ada beberapa kontak yang masih terduplikasi, disebabkan oleh sync kontak pada jejaring sosial atau akun anda yang lain, maka langkah yang perlu anda tempuh adalah:
1.Setelah anda melakukan langkah di atas, cobalah check sekali lagi apakah masih ada kontak yang terduplikasi.
2.Jika masih ada lakukan seperti langkah di atas kemudian anda check lagi, jika masih belum merge dan ada duplikasi dikarenakan sync dari beberapa akun anda yang bersifat read only atau temporary maka langkah yang anda tempuh, backup terlebih dahulu kontak anda.
3.Setelah anda backup, matikan sync terhadap akun anda dari setting > account & sync settings > matikan centang pada background data.
4.Kemudian hapus semua kontak anda secara manual.
5.Restore kontak yang telah anda backup tadi.
6.Nyalakan kembali sync pada kontak dan sync semua akun anda yang tertaut pada kontak.
7.Setelah selesai lakukan merge seperti langkah di atas dan pastilah kontak anda menjadi optimal.

0 Response to "Remove Duplicate Contact Android"

Posting Komentar