Test Hardware Android


Pada artikel ini merupakan pengembangan dari beberapa artikel yang telah saya bagikan kepada anda pembaca maxiandroid. Test hardware android pada saat tertentu sangat dibutuhkan, oleh karena itu pada artikel ini saya hendak berbagi kepada anda cara test hardware android.

Beberapa artikel yang terkait dengan artikel ini adalah:
>>Tips Membeli Android Second / Bekas

Pada artikel ini saya hendak berbagi kepada anda cara menguji hardware khususnya sensor pada android menggunakan aplikasi, bukan test dengan membongkar perangkat. Beberapa aplikasi hardware tester android banyak tersedia pada play store, namun pada artikel ini saya hendak berbagi kepada anda salah satu yang saya rasa terbaik diantara beberapa hardware tester yang ada.
Ingin menguji dukungan hardware di android, anda bisa mencoba aplikasi Z-DeviceTest. Hardware seperti kamera (front/back), GPS, wifi, bluetooth, Accelerometer, Compass, dan lain-lain bisa diuji fungsionalnya melalui aplikasi ini. Untuk download, anda bisa klik gambar di bawah ini.

Setelah anda download dan install aplikasi tersebut, kemudian anda jalankan aplikasi tersebut dan anda akan masuk ke fitur test, kita bahas satu persatu. Untuk tanda V berarti devicenya support, sedangkan untuk tanda X, berarti tidak support.
1. Kamera belakang
Disini anda akan mendapat info seputar fitur kamera belakang, maksimal pixel dan lainnya.

2. Kamera depan
Disini anda akan mendapat info seputar fitur kamera depan, beberapa perangkat android yang tidak memiliki fitur kamera depan dapat melewati test ini.
3.GPS Status
Di sini anda bisa melihat status gps, dan tingkat akurasi pengkuncian lokasi. Anda juga dapat menguji akurasi dari GPS di android anda.
4. WiFi info
Disini anda bisa mengecek status wifi, selain itu juga keterangan dari jaringan wifi dapat anda peroleh melalui pengujian ini.
5. Bluetooth devices
Pada test yang satu ini diperlukan pengaktifan bluetooth, dan jika bluetooth anda aktif, maka akan muncul seperti ini.
6. GSM/UMTS
Untuk memeriksa status jaringan telephon anda.

7. Accelerometer
Accelerometer merupakan sebuah tranduser yang berfungsi untuk mengukur percepatan, mendeteksi dan mengukur getaran, ataupun untuk mengukur percepatan akibat gravitasi bumi yang tertanam pada perangkat android. Untuk memeriksa status accelerometer pada device android anda.
8. Magnetic
Selain sensor jarak, android juga dilengkapi oleh sensor magnetic, anda bisa mencoba mengujinya disini, jika bertanda V berarti perangkat anda bisa menjalankan aplikasi dengan sensor magnetic seperti contohnya compass.
9. Radio
Untuk mengecek fungsi pada radio analog pada perangkat anda, namun jika perangkat tidak tertanam chip radio, anda bisa melewati test tersebut.

10. Info Touchscreen
Untuk mengetahui kemampuan dari touch screen, jumlah maksimal touch, dan lain-lainnya (anda butuh hak akses root untuk bisa membukanya)

11. Battery
Info tentang kondisi dan kapasitas baterai.

12. CPU / Memory
Info tentang CPU, Storage dan memory.

13. Sound
Status volume/suara

14. Vibrator
Untuk mengecek fitur getar

15. Microphone
Untuk menguji fitur rekaman suara.

16. USB
untuk menguji USB

17. A/V Output
Untuk menguji kabel a/v output

18. Android OS
Untuk mengetahui versi dari android

19. Light sensor
Untuk mengetahui deteksi cahaya.

20. Proximity Sensor
Untuk mengetahui sensor kedekatan atau jarak.

Dan masih banyak lagi test yang dapat anda lakukan menggunakan aplikasi ini.


Tambahan:
Aplikasi alternatif yang dapat anda gunakan untuk check sensor pada android adalah AndroSensor yang dapat anda download dengan klik gambar di bawah ini.

5 Responses to "Test Hardware Android"

  1. bang maxi, di play store kmaren saya menemukan beats audio installer.. mohon di review dan di cek pada os apakah audio installer beats tersebut berjalan.. sebelumnya HH saya gagal booting waktu nyoba tutorial di sini.. HH saya adalah speedup S1 dengan OS 2.3.3

    BalasHapus
  2. Ok gan, kapan2 ane bantu review kl ada service an HH yg sama sperti yg anda punya :)

    BalasHapus
  3. review yang cukup menarik gan. happy blogging ya :)

    BalasHapus
  4. jadi pengen punya hp nandroid. kapan ya :P

    BalasHapus
  5. Terima kasih atas kunjungannya :D

    BalasHapus